Koleksi Museum MAJAPAHIT


Rachmad dummy editor    29 August 2017 (04:30)   PARIWISATA
img

Sesuai dengan sejarahnya, koleksi museum majapahit didominasi oleh benda-benda cagar budaya peninggalan Kerajaan “fenomenal” Majapahit. Melalui peninggalan-peninggalan tersebut kita dapat mengkaji aspek-aspek Majapahit seperti: bidang kebudayaan, bidang pertanian, irigasi, arsitektur, perdagangan perindustrian, agama, dan kesenian. Keseluruhan benda-benda tersebut disimpan di gedung, pendopo, maupun halaman museum. Koleksi yang ada di museum ini sebanyak 1000 lebih museum. Sehingga tidak semua benda-benda cagar budaya tersebut dapat dipamerkan dan hanya disimpan dalam gudang museum.

 

DSC03637 (2)

Berdasarkan masa, benda cagar budaya yang ada di museum trowulan terbagi menjadi 2 yaitu:

  • Zaman Prasejarah (berupa: fosil, perkakas purba dan alat-alat manusia purba)
  • Zaman Sejarah (bercorak Hindu-Budha dan Islam)

Berdasarkan bahannya koleksi museum trowulan yang dipamerkan dapat diklasifikasikan menjadi beberapa kelompok:

  1. Koleksi tanah liat (Terakota)
  2. Koleksi Terakota Manusia
  3. Alat-Alat Produksi
  4. Alat-Alat Rumah Tangga
  5. Arsitektur (genteng,bantu bata,miniatur rumah penduduk majapahit)
  6. Koleksi Keramik

Koleksi keramik yang dimiliki oleh museum majapahit berasal dari beberapa Negara asing, seperti Cina, Arab,Thailand dan Vietnam. Keramik-keramik tersebut pun memiliki bentuk dan fungsi yang berbeda-beda seperti: guci, teko, piring, mangkuk, sendok dan vas bunga.

  1. Koleksi logam

Koleksi benda cagar budaya berbahan logam yang dimiliki oleh museum majapahit dapat diklasifikasikan dalam beberapa kelompok, seperti koleksi mata uang kuno, koleksi alat-alat upacara seperti bokor, pedupaan, lampu, cermin, guci dan genta dan koleksi alat musik serta senjata.

  1. Koleksi Batu

Koleksi yang terbuat dari batu pada museum majapahit berdasarkan jenisnya dapat diklasifikasikan menjadi beberapa kelompok sebagai berikut: koleksi miniatur dan komponen candi, koleksi arca, relief dan koleksi prasasti. Dan juga terdapat alat-alat dan fosil binatang dimasa prasejarah.

KOMENTAR