Sopir Ngantuk, Travel Tabrak Median Jalan, lalu Terguling


Rachmad dummy editor    29 August 2017 (03:42)   LALU LINTAS
img

MOJOKERTO – Kecelakaan lalu lintas melibatkan kendaraan umum kembali terjadi di Jalan Raya Trowulan, tepatnya di Dusun Jatisumber, Desa Watesumpak, Selasa (23/8). Kali ini menimpa kendaraan travel minibus Isuzu Nopol AA 1080 LK.

Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan tunggal tersebut, namun satu orang penumpang mengalami luka-luka. Kanit Lantas Polsek Trowulan, AKP Suwarso menjelaskan, kecelakaan bermula ketika minibus dikemudikan Kustadi, 46, melaju dari Jombang sekitar 02.35 Selasa (23/8).

Setibanya di Jalan Raya Jatisumber, Desa Watesumpak, sopir asal Dusun Bongasan RT 3/RW6, Desa Keborejo, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang, itu diduga mengantuk. Sehingga, saat melewati tikungan, minibus dikendarainya oleng ke kanan lalu menabrak median jalan dan lampu penerangan jalan umum (PJU). ”Usai menabrak median jalan, kendaraan akhirnya terguling ke arah kiri,” ungkapnya kepada Jawa Pos Radar Mojokerto.

Pada saat kejadian, angkutan travel tujuan Surabaya itu tengah mengangkut empat orang penumpang. Masing-masing Gusti Arya Arbawa, 68, dan Sudarmi Supranoto, 64, warga Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah. Kemudian, Bryan Stephanus Apalem, 22, asal Kepulauan Aru, Maluku, dan Yuliani Fatmawati, 21, asal Sleman, Jogjakarta.

Meski sempat terguling, namun semua penumpang dinyatakan selamat. ”Sopir dan empat penumpang selamat. Hanya ibu Sudarmi Supranoto mengalami luka ringan di bagian dahi,” ungkapnya. Suwarso memaparkan, travel tersebut berangkat dari Jogjakarta untuk mengantarkan empat penumpang ke kawasan Perak, Surabaya. Namun, sopir tidak beristrirahat sesuai rutenya. ”Sebenarnya dia (Kustadi, Red), harus istirahat dulu di daerah Saradan (Madiun),” terangnya.

Hanya saja, Kustadi memaksakan untuk terus melanjutkan perjalanan. Akhirnya, sesampainya di tempat kejadian, dia lalai, sehingga menabrak median jalan. ”Sopir mengakui kalau mengantuk,” imbuhnya. Sesaat setelah kejadian, pihaknya langsung melakukan evakuasi dan mengamankan kendaraan ke Polsek Trowulan. Sedangkan, semua penumpang dipindah ke kendaraan lain untuk melanjutkan perjalanan ke Surabaya. 

KOMENTAR