DESA DENGAN PENDAPATAN MILYARAN RUPIAH PERTAHUN.


musa    13 January 2018 (07:21)   PARIWISATA
img

Klaten jawa tengah,, Desa Ponggok yang terletak di Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Propinsi Jawa Tengah ini dianugerahi 5 (lima) mata air atau dalam bahasa Jawa disebut Umbul seperti Umbul Besuki, Umbul Sigedang, Umbul Ponggok, Umbul Kapilaler dan Umbul Cokro. Debit airnya pun berbeda-beda tetapi debit yang paling tinggi ada di Umbul Ponggok yakni mencapai 735 liter per detik.

Umbul Ponggok merupakan sebuah kolam alami yang dikembangkan menjadi wisata snorkling yang cukup terkenal di Klaten. Kolam alami ini sudah ada sejak zaman Belanda, dengan ukuran 50 x 25 m dan kedalaman rata-rata 1,5 – 2,6 m. Tempat snorkling kali ini bukanlah laut melainkan sebuah sumber mata air alami yang segar dan sangat jernih. Berbeda dengan kolam renang yang dasarnya berupa lantai keramik, dasar Umbul Ponggok masih sangat alami berupa hamparan pasir nan luas, bebatuan, dan ribuan ikan warna-warni sehingga suasananya benar-benar seperti dibawah laut.untuk properti yg ada di dasar air di handle pengurus karang taruna desa setempat.

Desa wisata yang dikelola oleh BUMDesa Tirta Mandiri ini telah berhasil membangun perekonomian di desa tersebut. Selain wisata Umbul Ponggok, BUMDesa Tirta Mandiri juga mengelola Toko Desa, Ponggok Ciblon dan budidaya perikanan. Dimana pada tahun 2013 pendapatannya mencapai Rp 211 juta, naik menjadi Rp 1,1 miliar di 2014 dan di 2016 melonjak menjadi Rp 10,3 miliar, tahun 2017 14 miliar.

Selain itu juga ada program menarik dari desa Ponggok yakni satu rumah satu sarjana.masyarakat yang kuliah akan mendapatkan bantuan berupa uang sebesar Rp.400.000,-/ bulannya.. Dengan harapan setelah lulus nanti bisa mengabdi atau mengaplikasikan ilmunya untuk membangun desanya,tutur kepala desa Ponggok H.Junaedhi mulyono S.H.
Dari Klaten Jawa Tengah Maksum Oi mengabarkan.

Sumber: Karangtaruna Mojotamping Bangsal Mojokerto.

KOMENTAR