Tradisi Menurun Bedah Sumber Desa Wonosari Kec. Ngoro - Mojokerto


musa    08 October 2017 (08:08)   SENI BUDAYA
img

TRADISI BEDAH SUMBER
==========================

Minggu, 8 Oktober 2017.
Sumber Wulu Dsn.Sidorejo Ds.Wonosari Kec.Ngoro Kab.Mojokerto.
Kali ini adalah bedah sumber yang ke 2 dalam setahun ini,yaitu 2017. Acara dimulai pukul 07.30,dengan pelepasan burung merpati sebagai tanda di mulainya acara oleh Panitia.
Bedah Sumber ini adalah tradisi warga dusun sidorejo yang meluapkan rasa syukurnya setelah persawahan disekitar area sumber sudah Panen dengan hasil yang memuaskan. Dengan menangkap ikan tanpa satu alat apapun,para warga dusun dengan cara menceburkan diri secara bersamaan dan menangkap ikan dengan tangan kosong. Di sumber ini banyak sekali macam ikan,diantanya (Mujaer,Mas,Lele,Gatul,Betik,Sepat,Udang dll).
Sumber Wulu adalah Nama sumber yang berada di Dsn.Sidorejo ini,fungsi sumber wulu sebenarnya sumber pengairan untuk persawahan di sekitarnya,di samping area sumber ini ada Makam Keluarga,Punden Mbah Sumber,dan Persawahan warga,juga dekat jalan penghubung antar desa,dimana sumber ini letaknya yg berada di paling ujung timur dusun.
Dalam acara Bedah Sumber Kali ini sangat meriah dengan di hadiri beberapa stasiun televisi (Tv One dan JTV) juga di datangi bapak/ibu camat muspika Kec.Ngoro,kali ini juga ada panggung hiburan IDOLA Electune.

Dari Ngoro RadhiLah Azizah melaporkan untuk WARTA ILM.

Arief Hadzie Firdaus Bagus Jay Musa Niki Aden Bima Tony Argo Aan Adhitya Azzam

KOMENTAR